Kunjungan SMP Negeri 4 Seram Barat di Kantor Balai Arkeologi Maluku - Balai Arkeologi Provinsi Maluku

Kunjungan SMP Negeri 4 Seram Barat di Kantor Balai Arkeologi Maluku

Pembukaan Acara
Pembukaan Acara

Kamis, 23 Juni 2016, Kantor Balai Arkeologi Maluku kedatangan rombongan siswa-siswi dari SMP Negeri 4 Seram Barat. Kedatangan rombongan siswa-siswi ini dalam rangkaian study tour sekolah yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Kedatangan rombongan disambut oleh segenap staf Balai Arkeologi Maluku yang telah mempersiapkan beberapa agenda selama kunjungan rombongan yang datang. Rombongan SMP Negeri 4 Seram Barat terdiri dari 30an siswa-siswi kelas VII dan VIII ditemani oleh Kepala Sekolah dan beberapa Guru pendamping. Acara dibuka oleh Marlon NR Ririmasse di ruang rapat besar lantai 2. Mewakili Kepala Balai, Marlon membuka sambutan secara resmi atas kedatangan rombongan SMP Negeri 4 Seram Barat didampingi seluruh jajaran staf Peneliti di ruang rapat besar. Marlon menyampaikan terima kasih dan sebuah kehormatan atas kunjungan SMP Negeri 4 Seram Barat yang pertama kalinya Kantor Balai Arkeologi Maluku kedatangan kunjungan resmi dari sekolah. Acara kunjungan resmi ini juga menjadi wadah bagi Balai Arkeologi Maluku untuk mengedukasi dan memperkenalkan arkeologi Maluku kepada siswa-siswi sekolah.

Marlon NR Ririmasse membuka acara
Marlon NR Ririmasse membuka acara
Penyampaian materi oleh Wuri Handoko
Penyampaian materi oleh Wuri Handoko

Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Seram Barat turut menyampaikan terima kasih atas sambutan Balai Arkeologi Maluku atas kedatangan rombongannya. Bapak Kepala Sekolah menyampaikan maksud kedatangannya dalam rangka study tour di Kota Ambon sebagai bentuk kegiatan belajar di luar sekolah yang menyenangkan. Rencana rangkaian kegiatan study tour di Kota Ambon ini dimulai dengan mengunjungi kantor Balai Arkeologi Maluku, lalu berlanjut ke Museum Negeri Siwalima dan kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya. Bapak Kepala Sekolah berharap siswa-siswinya dapat memperoleh pengetahuan tentang kepurbakalaan di wilayah Maluku. Setelah bapak Kepala Sekolah menyampaikan maksud dan tujuannya, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi singkat oleh Wuri Handoko. Wuri menyampaikan beberapa materi mengenai perkenalan ilmu arkeologi yang selama ini secara umum lebih banyak diidentikkan dengan benda antik, tokoh Indiana Jones, dan dinosaurus. Lewat pemaparannya yang ringan, Wuri mengenalkan ‘apa itu arkeologi?’ dan tampak siswa-siswi tertarik dan serius menyimak, beberapa mencatat dan merekam pemaparan Wuri menggunakan gadget masing-masing.

Siswa SMPN 4 Seram Barat melihat koleksi artefak yang dipamerkan
Siswa SMPN 4 Seram Barat melihat koleksi artefak yang dipamerkan
Siswa-siswi tampak serius mencatat informasi yang diperoleh
Siswa-siswi tampak serius mencatat informasi yang diperoleh

Acara kemudian dilanjutkan dengan berkeliling kantor Balai Arkeologi Maluku. Didampingi oleh Muhammad Al Mujabuddawat, Karyamantha Surbakti, Syahruddin Mansyur, dan Lucas Wattimena, rombongan dibawa melihat-lihat Kantor Balai Arkeologi Maluku. Tampak siswa-siswi antusias berkeliling melihat beberapa artefak yang dipamerkan, mencatat informasi-informasi yang ditampilkan beberapa poster di penjuru Kantor. Rombongan siswa-siswi ini dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang ditugaskan oleh guru masing-masing untuk menyusun laporan dalam bentuk makalah sepulang dari kegiatan study tour. Siswa-siswi sibuk bertanya dengan beragam pertanyaan yang menarik kepada staf Peneliti Balai Arkeologi Maluku yang mendampingi mereka. Beberapa Peneliti cukup terkejut dengan beberapa pertanyaan siswa-siswi yang cukup ‘cerdas’ untuk seusia anak SMP, rupanya rasa ingin tahu mereka cukup besar. Siswa-siswi antusias mencatat penjelasan yang dipaparkan oleh staf Peneliti yang mendampingi mereka. Siswa-siswi diajak masuk ke dalam ruang analisis dan penyimpanan artefak lalu menyaksikan proses analisis artefak mulai dari pembersihan, pelabelan, pengantongan, pencatatan, hingga tahap analisis dan penyimpanan.

Penyampaian proses analisis artefak
Penyampaian proses analisis artefak
Siswa-siswi serius menyimak penjelasan yang dibawakan oleh staf Peneliti Balai Arkeologi Maluku
Siswa-siswi serius menyimak penjelasan yang dibawakan oleh staf Peneliti Balai Arkeologi Maluku

Terakhir, siswa-siswi mengunjungi ruang perpustakaan, mereka kagum melihat ruang perpustakaan yang cukup besar dan nyaman, serta koleksi buku yang terawat dan mudah diakses. Menurut penuturan dari seorang staf Peneliti yang mendampingi mereka, ruang perpustakaan ini merupakan tempat bagi para Peneliti mencari referensi, ruangannya berukuran besar namun hanya diisi oleh 2 orang petugas perpustakaan, yaitu pak Ichard dan pak Ketut supaya menjaga suasana tetap tenang dan kondusif agar Peneliti memperoleh ketenangan, kenyamanan, dan konsentrasi dalam bekerja dan mencari sumber referensi di ruang perpustakaan. Pak Ichard selaku petugas perpustakaan siap melayani setiap pengunjung yang datang.

Penyerahan hadiah Jurnal Kapata Arkeologi kepada Kepala Sekolah
Penyerahan hadiah Jurnal Kapata Arkeologi kepada Kepala Sekolah

Setelah puas berkeliling menjelajah seluruh isi kantor Balai Arkeologi Maluku, rombongan kembali ke ruang rapat besar lantai 2, menghabiskan suguhan ringan yang disajikan oleh Balai Arkeologi Maluku. Pada acara penutupan, Kepala Sekolah menyampaikan terima kasih kepada Balai Arkeologi Maluku yang telah banyak membantu memberikan informasi dan pengetahuan baru kepada mereka. Siswa-siswi SMP Negeri 4 Seram Barat telah memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang arkeologi secara umum, yang selama ini kebanyakan belum pernah mengetahuiya. ‘Berkat kunjungan ini pula, jadi banyak siswa-siswi kami yang bercita-cita menjadi Peneliti Arkeologi,’ tukasnya. Kunjungan pun diakhiri dengan pemberian hadiah berupa jurnal ilmiah Kapata Arkeologi secara simbolis oleh Wuri Handoko kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Seram Barat. Marlon menyampaikan selamat jalan dan mengucapkan, ‘setelah dari sini perjalanan lebih menarik karena di Museum Negeri Siwalima lebih banyak artefak-artefak dan benda-benda yang dipamerkan.’ Ucapan Marlon tersebut membuat siswa-siswi SMP Negeri 4 Seram Barat menjadi semakin bersemangat melanjutkan perjalanan. (MJB)

Foto bersama di depan Kantor Balai Arkeologi Maluku
Foto bersama di depan Kantor Balai Arkeologi Maluku

Lihat Galeri Foto Kunjungan SMP Negeri 4 Seram Barat (klik disini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.