web analytics

Penelitian Tata Kota Ambon Masa Kolonial Tahun 1800 – 1900

Lease adalah gugusan pulau yang berada di daerah Kabupaten Maluku Tengah, yang terdiri dari tiga buah pulau, yaitu Pulau Saparua yang mencakup dua kecamatan (Kecamatan Saparua dan Saparua Timur), Pulau Nusa Laut (Kecamatan Nusa Laut) dan Pulau Haruku (Kecamatan Haruku). Penelitian ini adalah yang pertama dilakukan untuk meneliti secara
langsung potensi dan kekayaan naskah naskah kolonial yang masih tersimpan di rumah penduduk maupun kantor negeri di wilayah Kepulauan Lease.

Ada beberapa naskah yang sangat bernilai penting bagi sejarah, yang berhasil ditemukan dan didokumentasikan oleh tim penelitian pada beberapa desa di Kepulauan Lease. Misalnya tentang keputusan Landraad, Register Dati, Besluit Pemerintahan, surat kuasa atau jual beli pembelian tanah, Slakboom (daftar silsilah raja), Kart negeri (peta dan batas negeri), akta notaris, persuratan antara raja dengan Controleur atau Resident, dan beberapa arsip gereja mengenai pelayanan serta naskah tulisan Arab kuno tentang hal pembangunan rumah raja. Adapun mengenai dokumen-dokumen tersebut masih dalam keadaan baik, rusak sedang namun masih bisa terbaca, dan rusak berat (sobek dan sangat lusuh, sehingga tidak terbaca lagi). Pada umumnya, arsip dokumen yang mengalami rusak berat adalah dokumen dibawah tahun 1800. Arsip dokumen yang berhasil didapatkan oleh tim penelitian, dibuat atau dituliskan dengan Bahasa Belanda lama dan Melayu lama, sehingga tim juga harus melakukan korespondensi dengan ahli di bidang tersebut, guna mendukung kesuksesan dan keberhasilan dari penelitian tentang naskah kolonial di Pulau Ambon dan Lease.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *